KUNJUNGAN KERJA KASDAM VI/MULAWARMAN DAN WAKAPOLDA KALTIM DI WILAYAH KABUPATEN NUNUKAN

KUNJUNGAN KERJA KASDAM VI/MULAWARMAN DAN WAKAPOLDA KALTIM DI WILAYAH KABUPATEN NUNUKAN

News Update – Kunjungan Kasdam VI/Mlw (Mulawarman) Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso bersama Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. M. Naufal Yahya, M. Sc, Eng ke Kabupaten Nunukan hari ini (7/3) disambut langsung oleh Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad. Segenap jajaran Kepala FKPD dan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan turut hadir dalam penyambutan Perwira Bintang I di Bandara Nunukan sekitar pukul 08.30 wita menggunakan Heli.

Mengawali kunjungannya, Kasdam VI/Mlw dan Wakapolda Kaltim bersama rombongan menuju Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia. Setibanya disana, dilakukan paparan oleh Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia. Dilanjutkan dengan Press Release Hasil Operasi Pengamanan Perbatasan.

Kasdam VI/Mlw mengatakan bahwa kunjungan hari ini telah direncanakan untuk melihat sinergitas TNI dan Polri di lapangan. “Ini merupakan aplikasi dari kegiatan rapat pimpinan TNI/Polri di pusat, kemudian rapat pimpinan di Balikpapan,” jelas Brigjen TNI Teguh diawal press release. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya kepada Satgas Pamtas 621/Mtg (Manuntung). “Baru empat bulan, capaian tugasnya saya berikan apresiasi. Dari data yang ada, ditemukan 363 patok yang selama ini belum pernah dipatroli,” imbuhnya.

Sementara Wakapolda Kaltim menjelaskan bahwa tugas pengamanan perbatasan telah diberikan kepada TNI. Namun karena keterbatasan, keterlibatan dan peran masyarakat lebih penting. “Tumbuhkan kesadaran, bukan membantu dalam penjagaan tapi membantu memberikan informasi apabila ada pelanggaran,” terang Brigjen Pol Naufal.

Usai press release, dilakukan pemusnahan barang bukti hasil tangkapan berupa narkotika jenis sabu dan minuman keras. Ada pula senjata rakitan dari hasil tangkapan operasi pengamanan perbatasan. Kasdam VI/Mlw dan Wakapolda Kaltim juga menyerahkan bingkisan kepada personel Satgas Pamtas RI-Malaysia.

Tak hanya sampai disitu, Kasdam VI/Mlw dan Wakapolda Kaltim melanjutkan kunjungan menuju Mako Polres Nunukan. Tatap Muka Wakapolda Kaltim dan Kasdam VI/Mlw dengan personel Polres Nunukan di Ruang Rupatama Perbatasan pun telah disiapkan.

“Saya sangat bangga dengan yang bertugas di Polres Nunukan. Disini termasuk yang spesial karena ini daerah perbatasan. Ancamannya juga berbeda dengan daerah yang berada di tengah wilayah Indonesia,” ungkap Wakapolda dalam sambutannya. Beliau berpesan kepada personel Polres Nunukan untuk mengedepankan penegakkan hukum. “Yang tugas disini tolong pantau masalah narkoba. Jangan coba-coba menyentuh narkoba. Jangan terkena kasus!” tegasnya.

Dalam sambutan Kasdam VI/Mlw, beliau mengatakan bahwa sinergitas yang sudah dibangun antara TNI dan Polri sudah finish, sudah terbangun dengan baik. “Suasana yang kondusif ini, kita jaga sama-sama. Kita kompak menjaga perbatasan!” ujarnya semangat.

Kunjungan Kasdam VI/Mlw dan Wakapolda Kaltim berlanjut menuju Sei. Menggaris dan Sebatik untuk meninjau Pos pengamanan di perbatasan. (RDJ/foto : SI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *