DIRJEN KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL (ESDM) RESMIKAN PLTS TEPIAN

DIRJEN KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL (ESDM) RESMIKAN PLTS TEPIAN

News Update – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang ESDM dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Dirjen EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi) Rida Mulyana dari Kementerian ESDM meresmikan langsung Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat yang berada di Desa Tepian Kecamatan Sembakung. Kehadirannya yang ke-2 kali ini didampingi oleh anggota Komisi VII DPR RI dr. Ari Yusnita yang juga membidangi ESDM sekaligus menjadi perwakilan Kaltara di DPR RI. Turut hadir acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, unsur SKPD, Camat Sembakung, Kepala Desa Tepian dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dalam sambutannya mengatakan, ” saya selaku pemerintah daerah beserta masyarakat, khususnya masyarakat Desa Tepian sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat atas terbangunnya fasilitas ini. Selanjutnya melalui kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak kita semua merenungkan kembali bahwa sesungguhnya makna dari hadirnya listrik ini tidak semata hanya menerangi rumah penduduk. Namun, dengan adanya listrik di setiap rumah, berarti ada masa depan yang cerah, ada peningkatan kualitas hidup, dan yang terpenting adalah tumbuhnya kembali semangat cinta tanah air, serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa di depan negara terangga.”

Sementara, Dirjen EBTKE menyampaikan bahwa, ” saya sengaja keliling Indonesia hanya untuk menginformasi program nawacita bisa terwujud sebagaimana keinginan dan harapan Bapak Presiden karena pada dasarnya energi sudah menjadi kebutuhan pokok seperti halnya beras, air dan sebagainya. Menurut program Presiden, pilihlah lokasi yang paling terdepan, terisolir, dan tertinggal untuk diberikan bantuan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan pemotongan pita oleh Dirjen EBTKE didampingi Hj. Asmin Laura Hafid dan dr. Ari Yusnita, yang ditutup dengan peninjauan Area PLTS Tepian Kecamatan Sembakung. (S.I/editor : RDJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *