BUPATI NUNUKAN PERINTAHKAN AGAR DANA DESA 2018 SEGERA DIALOKASIKAN

BUPATI NUNUKAN PERINTAHKAN AGAR DANA DESA 2018 SEGERA DIALOKASIKAN

News Update – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengungkapkan kekecewaannya kepada seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Nunukan serta Dinas terkait berkenaan dengan Dana Desa yang hingga detik ini belum dicairkan, dalam rapat bersama hari ini (20/3) di Ruang Rapat VIP Lantai IV Kantor Bupati Nunukan. Rapat Bupati Nunukan bersama Asisten, SKPD terkait, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Nunukan dipimpin langsung oleh Hj. Asmin Laura Hafid.

Dalam kesempatan ini, Laura menyampaikan bahwa dirinya mendapat teguran dari Sekjen Kementerian Desa PDTT dikarenakan Dana Desa yang sampai saat ini belum dicairkan padahal dananya telah siap. Laura pun mengadakan rapat ini untuk meminta penjelasan dari aparat desa hingga dinas terkait masalah ini, sekaligus menekankan agar Dana Desa yang ada dapat segera diurus pencairannya sehingga dananya dapat disalurkan dengan semestinya untuk desa. Kepala Desa juga diminta untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban Dana Desa 2017 agar tidak menghambat pencairan Dana Desa 2018.

Beberapa Kepala Desa yang hadir menyampaikan bahwa banyak Kepala Desa yang sebelumnya adalah petani, sehingga mereka tidak begitu memahami administrasi. Permasalahan ini pun menghambat dalam pengurusan berkas untuk pencairan Dana Desa tersebut. Mereka pun meminta agar pendamping desa dapat diperbanyak untuk membantu pengurusan administrasi sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Pak Camat, SDM Kepala Desa terbatas jadi Pak Camat yang harus menguasai juknis-juknis itu.
Jika seperti ini terus, Dana Desa kita kemungkinan dipangkas dari pusat,” tegas Laura.

Kasi Bina Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ferry Wahyudi memaparkan dengan sangat jelas tentang Pengelolaan Keuangan Desa kepada seluruh hadirin khususnya Kepala Desa. Feri mengakui bahwa SDM Aparatur Desa memang masih kurang memahami urusan administrasi dan belum mampu bekerja secara sistematis. Namun, sudah ada pendamping desa teknik infrastruktur untuk membantu permasalah tersebut.

“Seluruh Kepala Desa dan Camat agar berkoordinasi dari Desa atau pun Kecamatan terdekat untuk bisa saling membantu. Sekdes, bendahara, dan bagian dari Aparatur Desa juga perlu peningkatan kapasitas aparatur, jangan hanya Kepala Desanya saja yang diikutkan pelatihan,” jelas Ferry.

Bupati Nunukan pun menekankan kepada Camat untuk benar-benar memantau dan membantu Dana Desa di wilayah masing-masing dan mengingatkan jika terdapat Kepala Desa yang tidak sesuai dengan arahan agar dapat segera dilaporkan. “Berhenti mengeluh dan terus mengupayakan yang terbaik,” ucap Laura memberi semangat saat mengakhiri rapat tersebut. (KL/RDJ/foto:ATY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *