BIMBINGAN TEKNIS SISTEM KEUANGAN DESA DI GELAR DEMI MENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT PEDESAAN

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM KEUANGAN DESA DI GELAR DEMI MENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT PEDESAAN

News Update – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Utara menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Sistem Keuangan Desa pagi tadi di Aula Gadis I. Bimtek ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari mulai Selasa ini (20/3) hingga 23 Maret 2018 mendatang.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek Keuangan Desa ini merupakan aparatur kecamatan yang akan mendampingi Penyelenggaraan Pengelolaan Keuangan di desa, serta para Tenaga Ahli Pendamping Desa dan Pendamping Lokal dari P3MD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam sambutan Bupati Nunukan, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Ir. Yopie Wowor mengatakan bahwa, “dalam prioritas pembangunan yang tertuang dalam 9 program nawacita Jokowi, salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka negara kesatuan. Desa yang kini memiliki anggaran desa merupakan elemen terkecil dalam pemerintahan, tetapi memiliki peran dan fungsi besar sehingga desa sekarang ini dijadikan indikator keberhasilan dalam suatu pembangunan dalam pemerintahan.”

Bagi Kabupaten Nunukan yang memiliki 232 Desa, tantangan terkait pembinaan potensi pembangunan hingga pengelolaan keuangan desa cukup kompleks. “Di tingkat kesejahteraan, tentu memiliki perbedaan antara mewujudkan kesejahteraan yang sama dari satu Desa ke Desa yang lainnya,” jelasnya.

Bupati Nunukan mengharapkan seluruh peserta bimtek dapat terus berinovasi dan memotivasi diri agar menjadi inspirasi bagi orang banyak dan lingkungan, karena hal tersebut akan membantu percepatan pembangunan. “Jadikan inovasi dan keinginan untuk bermanfaat bagi orang lain sebagai modal yang harus ditanamkan dalam merumuskan kegiatan ataupun pembanguan desa” tutur Yopie. Setelah membacakan sambutan Bupati Nunukan, ia pun membuka Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa Tahun 2018 secara resmi yang menandakan dimulainya pelatihan bagi para peserta Bimtek. (SI/editor:RDJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *