PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI BERKUNJUNG KE SEBATIK

PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI BERKUNJUNG KE SEBATIK

News Update – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berkunjung ke Kabupaten Nunukan, tepatnya di Kecamatan Sebatik hari ini (28/3). Menggunakan Heli Bell TNI AU jenis Puma nomor HT-7201 yang mendarat di Lapangan Sepak Bola Aji Kuning Sebatik sekitar pukul 15.20 Wita, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan Gubernur Kaltara.

Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad bersama Jajaran Pimpinan FKPD dan SKPD Kabupaten Nunukan, serta masyarakat Sebatik menyambut gembira kedatangan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan. Setelah menerima laporan Dandim 0611/Nnk, kedua Jenderal bintang empat disuguhi Tarian Penyambutan dan Tepung Tawar yang merupakan tradisi untuk menyambut tamu kehormatan di Bumi Penikindi Debaya.

Panglima TNI dan Kapolri yang juga didamping istri, bersama rombongan langsung menuju Pos Pamtas Desa Aji Kuning menggunakan kendaraan darat. Setibanya disana, Dansatgas Yonif 621/Mtg beserta personil Pamtas telah siap menyambut. Sebelum pengarahan, Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan menyaksikan video paparan Dansatgas Yonif 621/Mtg terkait pencapaian kinerja personilnya meninjau patok hingga di area blank post.

Pada pengarahan, Panglima TNI dan Kapolri didampingi Kasad dan Gubernur Kaltara menyampaikan banyak terima kasih atas penyambutannya. “Momen yang sangat membahagiakan ini, ketika mau landing saya melihat warna-warni TNI dan Polri berbaur menjadi satu. Soliditas TNI/Polri ini akan mampu menjaga kedaulatan sehingga saya merasa bangga bisa hadir disini,” ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas kerjasamanya dalam mendukung kinerja TNI dan Polri.

Panglima TNI juga memberikan apresiasi yang tinggi atas paparan Dansatgas 621/Mtg tadi. “Ada satu yang mengharukan adalah 41 tahun pos itu dibangun dan baru kali ini pos itu bisa ditinjau kembali oleh pasukan pengamanan perbatasan,” tambahnya salut akan kinerja prajurit yang telah berhasil melaksanakan tugas tersebut. Beliau pun mengingatkan bahwa tidak lama lagi akan ada pelaksanaan Pilkada, TNI dan Polri harus tetap menjaga netralitas serta memberi pengamanan dan membantu mensukseskan jalannya Pilkada.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri juga menyampaikan terima kasih atas penyambutannya. “Berdinas jauh dari pusat pemerintahan akan ada suka dan dukanya. Kuncinya adalah kekompakkan dan kebersamaan yang harus kita jaga untuk menimbulkan rasa nyaman terhadap suatu pekerjaan,” ujar Jenderal Polisi Tito Karnavian. Beliau juga mengingatkan untuk memperkuat penjagaan di lintas batas mengingat Pulau Sebatik merupakan daerah perbatasan yang telah menjadi route klasik yang dilalui para pelaku teror. “Harus diperkuat intelijen untuk mendeteksi jaringan-jaringan pelaku teror. Saya meminta kepada Polri dan TNI untuk dapat bekerja sama,” lanjutnya.

Kemudian dilakukan penyerahaan bingkisan/bahan kontak oleh Panglima TNI dan Kapolri. Selanjutnya, Panglima TNI beserta rombongan melakukan peninjauan Pos-Pos di wilayah Sebatik. Dimulai dari Polsubsektor Sebatik Tengah, disana dilakukan peninjauan dan pengarahan oleh Panglima TNI dan Kapolri kemudian penyerahan bingkisan. Lalu menuju ke Patok III. Panglima TNI dan Kapolri pun melakukan peninjauan Patok III dan memberikan bingkisan kepada tokoh masyarakat Desa Aji Kuning serta meninjau IB massal hewan sapi ternak se-Kalimantan Utara.

Berikutnya, Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan berkunjung ke Pos AL Sei. Pancang dan Mapolsek Sebatik Timur untuk melakukan peninjauan dan menyerahkan bingkisan. Sebagai destinasi terakhir, Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan menuju Pos Kotis Marinir Sei. Bajau. Dilakukan peninjauan dan penyerahaan bingkisan, tak lupa foto bersama sebelum akhirnya menuju Lapangan Sepak Bola Sei. Bajau yang berada tepat didepan Pos Kotis Sei. Bajau.

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan berangkat menuju Tarakan menggunakan 5 heli ( 4 unit milik TNI dan 1 unit milik Polri) sekitar pukul 18.15 Wita. Rencananya Panglima TNI dan Kapolri akan berangkat ke Kecamatan Krayan untuk melanjutkan kunjungan kerjanya di wilayah Kabupaten Nunukan pada esok hari. (RDJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *