SATUAN BINMAS GELAR FGD KAMTIBMAS POLRES NUNUKAN

SATUAN BINMAS GELAR FGD KAMTIBMAS POLRES NUNUKAN

News Update – Dalam mengantisipasi dan menangkal penyebaran berita Hoax serta ujaran kebencian, Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Nunukan menggelar Forum Giat Discussion (FGD) Kamtibmas pada kamis pagi yang berlangsung di Aula Sebatik Polres Nunukan. FGD tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas kemitraan antara Polri, Pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Nunukan, juga untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kedaulatan NKRI. (5/4)

Hal-hal yang berbaur tentang penyebaran berita palsu atau lebih dikenal dengan “hoax” dan ujaran kebencian sudah menjadi trending topik di sosial media, baik media cetak maupun secara online oleh kelakuan oknum yang tidak bertanggung jawab. Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi mengatakan “hal-hal mengenai penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian begitu cepat tersebar sehingga masyarakat sulit membedakan berita fakta dan yang hoax.”

“Masyarakat yang ada di pesisir Sebatik, jika melihat atau mengetahui seseorang yang melakukan pengedaran atau mengkomsumsi narkoba jenis apapun itu, salah satunya sabu, harus berani memberikan informasi agar tidak menyebar luas kepada kalangan remaja. Saya ingin mengajak kepada satuan polisi, pemda, serta tokoh masyarakat dalam mengantisipasi informasi tentang penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian,” tambah Jepri yang kemudian menyerahkan secara simbolis baju FGD Kamtibmas Polres Nunukan kepada peserta diskusi.

Beberapa tanggapan dan masukan dari peserta mengenai penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian juga disampaikan dalam pertemuan ini. “Tahun lalu, untuk masalah narkoba hal ini tidak layak hadir di tengah masyarakat. Kami harapkan peran dari pihak polisi dan tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam menangkal penyebaran berita hoax. Kita harus menjunjung NKRI harga mati,” ujar Marten Ukap, salah satu tokoh adat yang hadir.

Sementara itu, Syamsul Daris selaku Kabid Infokom Publik Diskominfo dan Statistik Kabupaten Nunukan mengatakan bahwa “dengan forum seperti ini, kita bisa bertukar informasi. Diskominfo hadir karena tuntutan terhadap informasi mengenai penggunaan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat ingin mengetahui banyak informasi atau berita.

Acara diakhiri dengan foto bersama satuan Binmas Polres Nunukan dan makan siang bersama.(Mimi/editor:RDJ/foto:MRP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *