ADAT TAHUNAN BUGIS ENREKANG “TUDANG SIPULUNG” DI GELAR OLEH HIKMA SEBATIK

ADAT TAHUNAN BUGIS ENREKANG “TUDANG SIPULUNG” DI GELAR OLEH HIKMA SEBATIK

News Update – Himpunan Keluarga Besar Masenrempulu (Hikma) Sebatik kembali menggelar acara adat tahunan yaitu Tudang Sipulung. Acara tersebut berlangsung pada Minggu pagi di Rumah Adat Desa Maspul Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan (8/4). Acara Tudang Sipulung yang artinya Duduk Bersama Tampan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara dan Bupati Nunukan.

Indonesia memiliki beragam macam suku dan budaya sehingga bahasa yang diaplikasikan tiap-tiap daerah sangat berbeda. Begitu pula adat bugis enrekang yang bernaung di Himpunan Keluarga Besar Masenrempulu. Acara adat tahunan di Desa Maspul merupakan salah satu prosesi dalam mengangkat dan mengembangkan, serta melestarikan budaya daerah.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengatakan, “saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan acara Himpunan Keluarga Masenrempulu. Semoga acara ini berjalan dengan sukses dan terciptanya suasana bahagia, harmonis dan damai diantara kita semua.”

“Semoga Sebatik bisa menjadi motivator bagi adat dan budaya masyarakat Sebatik dalam mengaktualisasi, berkreasi melalui berbagai jenis adat dan budaya yang melekat pada diri pribadi setiap suku bangsa dan bahasa, khususnya masyarakat bugis yang ada di pulau Sebatik ini,” lanjut Bupati termuda di Kalimantan Utara ini.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Utara H. Irianto Lambrie menyampaikan dalam sambutannya, “begitu banyak peluang yang di buka oleh Provinsi sehingga anak masa kini terbuka peluang untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan tingkat atas akan direkomendasikan oleh Gubernur Kalimantan Utara.”

“Untuk kesehatan, semoga warga enrekang sudah membuat BPJS agar pada saat dalam darurat, pelayanan yang diberikan juga memuaskan dan disediakan sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Usai sambutan, H. Irianto Lambrie didampingi oleh Hj. Asmin Laura Hafid menuju Rumah Adat Maspul untuk melakukan penekanan Tombol Serine. Acara puncak Tudang Sipulung ditutup dengan makan siang bersama.(Mimi/editor:RDJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *