PUNCAK PERINGATAN HARI KARTINI KE-139 TAHUN 2018 DI KABUPATEN NUNUKAN

PUNCAK PERINGATAN HARI KARTINI KE-139 TAHUN 2018 DI KABUPATEN NUNUKAN

News Update – Hari Kartini yang seyogyanya diperingati setiap tanggal 21 April, diisi dengan kegiatan Lomba Baca Puisi dengan peserta dari perwakilan Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Nunukan. Tahun ini, tepatnya saat memperingati Hari Kartini ke-139, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Nunukan sesuai gagasan dari Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengadakan Lomba Baca Puisi yang telah digelar malam minggu kemarin.

Hari ini pun menjadi Puncak Acara Peringatan Hari Kartini ke-139 Tahun 2018 yang diselenggarakan di Lantai V Kantor Bupati dengan rangkaian seremonial (24/4). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenang jasa-jasa R.A. Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita dan untuk meningkatkan peranan perempuan di Kabupaten Nunukan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan daerah.

“Untuk melanjutkan perjuangan Raden Ajeng Kartini, perempuan-perempuan di masa sekarang tidak hanya sebatas kebebasan dalam menuntut ilmu, namun berkembang sebagai sebuah perjuangan secara global,” ungkap Hj. Leppa dalam sambutan selaku salah satu tokoh wanita, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan.

Kartini yang dikenal sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, juga merupakan pelopor kebangkitan kaum wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak dan kebebasan, serta pembuktian perubahan bahwa kaum wanita juga bisa melakukan banyak hal dalam hidupnya. Bukan hanya terbatas pada pekerjaan tertentu, dengan niat, tekad dan kemauan yang keras.

“Untuk itu pada momen peringatan Hari Kartini ini, marilah seluruh kaum wanita yang tersebar di seluruh Kabupaten Nunukan untuk terus meningkatkan dan mengasah kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk berkiprah dalam pembangunan,” ajak Laura dalam sambutan yang dibacakan oleh Serfianus selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan.

“Kembali saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para perempuan Indonesia secara khusus yang ada di Kabupaten Nunukan, yang telah menjadi simbol peningkatan peran perempuan sebagaimana yang telah dicita-citakan oleh RA. Kartini,” sambung Bupati Nunukan pada sambutannya.

Kegiatan rangkaian seremonial puncak peringatan Hari Kartini tersebut dihadiri oleh organisasi-organisasi wanita yang ada di Kabupaten Nunukan, beberapa perwakilan unsur pimpinan FKPD serta para pimpinan dari OPD. Berbagai persembahan dari ibu-ibu organisasi wanita pun mengisi acara ini, seperti paduan suara hingga tarian maumere.
(MRP/Foto:ATY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *