SEKDA PANTAU PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMP/Mts TAHUN 2018 DI KABUPATEN NUNUKAN

SEKDA PANTAU PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMP/Mts TAHUN 2018 DI KABUPATEN NUNUKAN

News Update – Mulai 23 April hingga 26 April 2018 berlangsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP/Mts Kabupaten Nunukan. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP/Mts ini terdapat 2 kategori yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Terdapat 32 sekolah negeri maupun swasta di Kecamatan Nunukan , Sebatik, dan Sei Menggaris melaksanakan UNBK dan diikuti 2.611 siswa yang telah uji coba di sekolah masing-masing sebanyak 2 sampai 3 kali. Sedangkan UNKP dilaksanakan oleh sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer yaitu sekolah yang berada di wilayah 3 (Sebuku, Sembakung, Lumbis, dan Krayan) dan diikuti 480 siswa. Jumlah keseluruhan peserta UN sebanyak 3.091 siswa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus melakukan kunjungan untuk meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP/Mts Tahun 2018 pada beberapa sekolah di Kabupaten Nunukan. Dengan didampingi Asisten Umum dan Pemerintahan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Kabag Kesejahteraan Rakyat 1, kunjungan pertama dilakukan di SMP N 1 Nunukan Selatan. (23/4)

“Pelaksanaan UNBK di sekolah kami dilakukan di 2 ruangan, dengan kapasitas 47 orang pada ruangan 1 dan 46 orang pada ruangan 2,” terang Kepala SMP N 1 Nunukan Selatan H. Ahmad. “Fasilitas komputer dari sekolah ada 5 unit dari dana BOS, lainnya adalah swadaya meminjam dari Guru dan Orang tua siswa,” tambahnya.

Kunjungan berikutnya dilakukan di SMP N 2 Nunukan. Menurut Kepala SMP N 2 Nunukan, terdapat 366 siswa yang mengikuti UNBK tahun ini. Mereka menggunakan 3 ruangan kelas untuk dipakai dalam pelaksanaan UN, yakni 2 ruangan di SMP N 2 Nunukan dan meminjam 1 ruangan di SMA N Nunukan. “Sekarang ada 80 komputer yang tersedia. 50 dari bantuan provinsi, 20 dari perbatasan, 5 dari dana bos tiap tahun, dan beberapa dari bantuan CSR perusahaan. Untuk UN kali ini, dibagi menjadi 3 sesi yaitu pagi, siang hingga sore hari,” jelas Gumolong Bontek selaku Kepala SMP N 2 Nunukan.

Sementara, pada kunjungan di SMP N 1 Nunukan terdapat 242 siswa yang mengikuti UNBK dengan 2 ruangan yang disediakan untuk pelaksanaan UN, masing-masing ada 40 komputer. Selanjutnya, di SMP N 3 Nunukan ada 90 siswa mengikuti UNBK dan hanya tersedia 1 ruangan berisi 30 unit komputer.

Menurut keterangan Abdul Azis, salah satu Kabid pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan, di antara sekolah yang berada di wilayah 3 terdapat beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK yaitu SMP 1 Sebuku dan SMP 1 Tulin onsoi, yang keduanya memakai komputer yang ada di SMK Tulin Onsoi, serta SMP 1 Lumbis yang memakai komputer di SMA 1 Lumbis.

Dari hasil kunjungan tersebut, Serfianus berharap seluruh siswa SMP/Mts di Kabupaten Nunukan yang mengikuti UN dapat mengerjakan soal dengan baik dan memperoleh nilai memuaskan baik siswa yang melakukan UN di kategori UNBK maupun UNKP. (RDJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *