MoU Perpustakaan Digital i-Nunukan ditandatangani, Dapat Berkah Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dan 5.000 Buku

MoU Perpustakaan Digital i-Nunukan ditandatangani, Dapat Berkah Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dan 5.000 Buku

Bupati Nunukan Haji Asmin Laura Hafid, selaku Wakil pemerintah daerah Kabupaten Nunukan, menandatangani Memory of understanding (MoU) pembentukan perpustakaan digital i-Nunukan, dengan Direktur Utama PT Woolu Aksara Maya, Panya M Siregar. MoU dilaksanakan di ruang rapat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada hari Jumat tanggal 27 juli 2018 sekitar pukul 16.00 wib.

Penandatanganan Memory of Understanding (MoU) ini disaksikan oleh Kepala Perpustakaan National Republik Indonesia Muhammad Safri Bando dan jajarannya, jajaran PT Wolu Aksara Maya, Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Nunukan, Robby Nahak Serang, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Nunukan, Drs. H. Muhammad Arsyad, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Nunukan, Ir.H. Dian Kusumanto MSi., Ir. Helmi Kepala Bidang Perpustakaan dan Abdullah Tansi Tokoh Pemuda Kabupaten Nunukan.

MoU ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS) antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dengan PT Wolu Aksara Maya. Diharapkan Perpustakaan Digital i-Nunukan ini akan launching pada tanggal 12 Oktober 2018, pada saat hari ulang tahun Kabupaten Nunukan ke 19.

“Dengan perpustakaan digital ini akan lebih memudahkan masyarakat maupun pelajar dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi,” demikian menurut Bupati Asmin Laura Hafid dalam sambutannya.
“Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia masyarakat perbatasan. Sehingga sumber daya alam serta potensi yang ada di alam Kabupaten Nunukan bisa dikelola lebih bermanfaat lagi untuk kesejahteraan masyarakat di perbatasan,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyambut positif MoU ini.
“Kita harus meningkatkan budaya baca masyarakat Indonesia yang sedang lapar buku. Maka kehadiran perpustakaan maupun perpustakaan digital akan menggairahkan budaya literasi di masyarakat,” kata Syarif Bando dalam sambutannya.

“Maka pengembangan budaya literasi, pertama akan mengarahkan kemampuan mengumpulkan bahan bacaan, kedua kemampuan memahami yang tersirat, ketiga berkemampuan menyampaikan ide baru, inovasi-inovasi baru, dan yang keempat adalah kemudian berkemampuan mengimplementasikan menjadi wujud di dalam peningkatan ekonomi masyarakat bangsa dan negara”, demikian pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Kepala Perpustakaan Nasional sangat mengapresiasi kegigihan meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Nunukan. Bentuk apresiasinya dengan langsung memberikan bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling dan buku bacaan untuk perpustakaan sebanyak 5.000 eksemplar. Ini merupakan berkah kejutan hasil dari kunjungan kerja Bupati ke Perpustakaan Nasional ini.

Penyerahan secara simbolis bantuan mobil perpustakaan keliling diserahkan langsung oleh Muhammad Syarif Bandi, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang berasal dari Sulsel ini kepada Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, SE. MM.
(deka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *