SOSIALISASI LAYANAN PUBLIK DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DARI BAKAMLA RI DI SEBATIK

SOSIALISASI LAYANAN PUBLIK DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DARI BAKAMLA RI DI SEBATIK

News Update – Kehadiran Badan Keamanan Laut Republik Indonesia ( Bakamla RI) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan hari ini (1/8) dalam rangka Sosialisasi Layanan Publik dan Pelestarian Lingkungan. Sebagai badan yang bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, Bakamla tentu peduli akan kelestarian lingkungan terutama di sekitar perairan dan pesisir pantai.

Mengusung tema “Bakamla RI bertekad tingkatkan layanan publik terhadap masyarakat pesisir serta lestarikan lingkungan hidup”, kegiatan sosialisasi tersebut akan disertai dengan penanaman bibit mangrove yang digelar di Desa Bukit Aru Indah.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel laut (KH) Toni Syaiful dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Nunukan, rekan-rekan TNI/Polri, para pelajar hingga masyarakat yang terlibat dan banyak membantu.

“Saya ingin mengajak masyarakat untuk memperhatikan lingkungan terutama terutama masyarakat yang hidup di dekat perairan laut. Kegiatan penanaman bibit mangrove ini saya anggap sebagai sejarah. Kita mungkin tidak bisa menikmati hutan mangrove yang kita tanam hari ini, tapi anak cucu kita yang nantinya akan merasakan hasilnya,” ujar Kolonel Laut (KH) Toni.

Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nununukan, Serfianus juga anggota DPRD Kabupaten Nunukan Burhanuddin, dan perwakilan FKPD, Camat Sebatik Timur, tokoh masyarakat, serta tokoh agama setempat.

Dalam sambutan Bupati Nunukan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Nunukan mengharapkan dengan kehadiran Bakamla RI, sesuai dengan misinya yakni mewujudkan keamanan maritim nasional dan internasional, mampu menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia.

“Terkait penanaman mangrove hari ini, saya mengajak kepada kita semua untuk bisa mengelola sumber daya alam secara bijak. Seperti mangrove yang memiliki banyak manfaat dan bisa mengurangi erosi pantai. Maka ekosistem mangrove harus dikelola secara berkelanjutan,” ucap Serfianus.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Joned selaku Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan tentang menjaga kelestarian laut. Acara ditutup dengan penanaman bibit mangrove oleh tamu dan peserta yang hadir disertai foto bersama. (RDJ/Foto : SI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *