ANEKA BUDAYA DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA TEMA KARNAVAL KEMERDEKAAN DI TAPAL BATAS SEBATIK

ANEKA BUDAYA DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA TEMA KARNAVAL KEMERDEKAAN DI TAPAL BATAS SEBATIK

Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 73 Kecamatan Sebatik melaksanakan berbagai agenda. Tahun ini struktur kepanitiaannya diketuai oleh Kepala Desa Balansiku H.Firman H. Latif Sekaligus Tuan Rumah dalam hajatan tahunan ini. Salah satu agenda yang unik dan berjalan sukses pada minggu (5/8) adalah Lomba Karnaval yang di buka oleh Camat Sebatik Muhlis, SE, M.Si didampingi oleh Unsur Muspika Kecamatan dan Kepala Desa Se – Kecamatan Sebatik.

Adapun peserta terdiri dari level umur yang berbeda, profesi yang berlainan dan segenap instansi yang ada di Kecamatan Sebatik. Selain itu semua komponen masyarakat diberi kesempatan untuk ikut karnaval ini.

Berbagai model dan busana yang mereka kenakan sesuai tema dan pesan yang ingin mereka sampaikan. Beberapa tema yang menarik di antaranya, adalah ajakan untuk makan sayur dan buah, pertunjukan seni bela diri, tema profesi, ajakan dan sosialisasi perlindungan anak dan lain lain.

Peserta juga banyak yang berasal dari kalangan anak-anak yang menggunakan busana sesuai cita-cita mereka, ada pula menggunakan busana unik hanya untuk sekedar menghibur masyarakat Sebatik.

Sementara peserta karnaval dari Kantor Camat Sebatik mengambil tema kebhinekaan dengan menggunakan busana tradisional masing -masing. Hal ini diinspirasi oleh beraneka ragamanya etnisi yang ada di Kantor Camat Sebatik,diantaranya Suku Tidung, Dayak, Jawa, Banjar, Bugis, Makassar, Bali, Batak. Pesan yang ingin disampaikan bahwa Kantor Camat Sebatik menjunjung tinggi Kebhinekaan dan mengedepankan persatuan dan harmonisasi demi terjaga keutuhan NKRI.

Dengan penuh semangat Sekcam Sebatik beserta rekan – rekan panitia yang lain mengatakan “Kami atas nama PANHUT RI Ke 73 mengucapkan DIRGAHAYU RI yang Ke 73.

Adapun rute pada karnaval kemerdekaan kali ini adalah dari Perbatasan setabu balansiku finish di depan Pos Marinir. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti dan menyaksikan acara ini,hingga meriah dan menonjolkan wajah Indonesia. (Mardiana Sekcam Sebatik/editor Awaluddin Darwis/Awan79).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *